Cara Perawatan Lovebird Over Birahi Beserta Ciri Ciri dan Cara Mengatasinya

Cara Perawatan Lovebird Over Birahi Beserta Ciri Ciri dan Cara Mengatasinya – Lovebirdseo.net. Lovebird merupakan salah satu jenis Burung yang memiliki tingkat birahi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan burung kicau lainnya. Hal tersebut tentunya sangat menggangu ketika lb tersebut sering kita gunakan untuk lomba. Karena love bird over birahi akan membuat kinerja burung menjadi tidak stabil.

Namun sebaliknya jika lb tersebut akan di ternak, kondisi tersebut akan menguntungkan karena akan mempercepat proses perjodohan sehingga menjadi lebih cepat produksi. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut seperti pola perawatan, jenis makanan, pakan ekstra fooding, dan usia. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi lovebird overbirahi dengan mudah.

Mengatasi Lovebird Overbirahi

Cara Perawatan Lovebird Over Birahi Beserta Ciri Ciri dan Cara Mengatasinya

Lalu bagaimana cara mengatasi lb yang birahinya tinggi? bagaimana cara mudah untuk menurunkan birahi lovebird tersebut? Sebelum kita membahas cara mengatasi lovebird over birahi alangkah baiknya kita mengetahui beberapa faktor penyebab birahi tinggi pada artikel di bawah ini.

Faktor Penyebab Lovebird Over Birahi

Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan lb cepat naik birahinya :
1. Makanan
Ada pakan yang cepat meningkatkan birahi lovebird seperti kangkung dan kecambah. Oleh karena itu pemilihan ekstra food harus di sesuai kebutuhannya saja. Jadi bisa di atur satu minggu dua kali saja sedangkan untuk pakan hariannya milet putih saja.

2. Perawatan

Pola perawatan yang tidak baik juga bisa memacu birahi burung lovebird. Yang sering terjadi adalah proses penjemuran yang terlalu lama. Oleh karena itu waktu jemur yang bagus adalah sebelum jam 9 pagi.

3. Usia

Semakin bertambahnya usia maka lb akan semakin cepat birahi karena sudah waktunya berproduksi. Bisanya umur di atas 2 tahun sudah mulai susah untuk menstabilkan birahi lbnya. Jika overbirahi karena sudah berumur sebaiknya segera di kawinkan untuk di ternak.

4. Anakan Lb hasil Spet

Anakan lovebird yang tidak diloloh induk sendiri mempunyai peluang birahi di usia dini. Hal tersebut terjadi karena gizi dan vitamin dari bubur loloh lebih bagus dari pada yang di berikan oleh induknya. Walaupun demikian hal tersebut berpengaruh dengan birahi yang lebih cepat. Biasanya umur 6 bulan sudah mulai birahi atau setelah mabung pertama.

Cara Mengatasi Lovebird Overbirahi dan Perawatannya

Kondisi OB bisa berakibat bulu mengembang, galak, ngebebek, nabrak atau ngruji, sehingga jarang ngekek atau tidak mau ngekek sama sekali, Biasanya cuma ngetik atau mompa saja. Banyak cara yg dilakukan pemain lovebird untuk menurunkan OB,cara cepet ngurangi OB banyak dengan cara Dijodohkan atau Dikawinkan sampai bertelur, tapi disini aku sharing pengalamanku saja yang didapat dari berbagai sumber.

Perawatan Harian untuk Menurunkan Birahi Lovebird :

  1. Tetap tiap pagi buka krodong untuk diembunkan sekitar jam 5 atau setengah 6.
  2. Penjemuran dikurangi (kalau bisa jangan dijemur).
  3. Dimandikan basah kuyup rutin tiap pagi terus dianginkan saja.
  4. Keringkan bulunya dan disimpen agak jauh atau diasingkan dari lovebird yang lain dan ditaruh ditempat atau ruang sejuk agar dapat udara dari luar gak pengap.
  5. Siang hari cukup buka krodong saja.
  6. Sore kalau sempet dimandikan basah kuyup sebelum jam 5 sore. Kalau gak sempet malem atau sehabis maghrib semprot agak basah langsung krodong, tidak usah nunggu kering bulunya ( awal kadang kadang burung cabut bulu tp gak papa krn kalo birahi kadang kadang bulu lembut jatuh karena badan panas )
  7.  Makanannya harian cukup milet putih saja.

Demikian perlakuan perawatan untuk menurunkan BIRAHI lovebird, Insya Alloh dalam seminggu bisa mulai kelihatan hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *